Jumat, 10 Oktober 2008

Proses Pengambilan Keputusan

Proses Pembuatan Keputusan
Dalam suatu perusahaan baik itu Perusahaan Kecil, Perusahaan Menengah maupun Perusahaan Besar, suatu keputusan adalah hal terpenting demi tercapainya suatu tujuan. Berikut sedikit ulasan mengenai Proses Pembuatan Keputusan :
1.Memahami dan merumuskan suatu masalah
para pengambil keputusan harus menemukan apa masalah yang sebenarnya terjadi, kemudian membagi masalah tersebut menjadi beberapa bagian. Dari beberapa bagian tersebut kita pilih bagian mana yang harus diselesaikan. untuk mempermudah identifikasi masalah, manajer dapat berkonsultasi dengan pihak – pihak lain yang mampu memberikan pendapat, pandangan dan wawasan yang berbeda tentang suatu permasalahan.
2.Mengumpulkan dan menganalisa data yang relevan
Dalam hal ini para pengambil keputusan harus menentukan langkah – langkah
berikutnya. Manajer harus menentukan data - data apa saja yang akan dibutuhkan untuk membuat keputusan yang tepat agar memperoleh informasi yang diharapkan, walaupun untuk memperoleh data tersebut memerlukan sedikit pengorbanan.
3.Mengembangkan alternatif
Pengembangan sejumlah alternatif memungkinkan manajer untuk tidak terlalu cepat dalam membuat keputusan dan lebih memungkinkan untuk memperoleh keputusan yang efektif
4.Memilih alternatif yang terbaik
Pembuatan keputusan merupakan hasil dari berbagai alternatif. Alternatif terbaik merupakan suatu kebijakan diantara berbagai faktor yang telah dipertimbangkan
5.Mengimplementasikan keputusan
Setelah memilih alternatif terbaik, manajer harus membuat rencana – rencana untuk mengatasi berbagai persyaratan dan masalah yang mungkin dijumpai dalam penerapan keputusan.